Manfaat Asam Folat (Vitamin B9) pada Spirulina Pacifica bagi Kesehatan

spirulina Tentu Anda sering mendengar kata asam folat, terutama bagi Anda yang sedang hamil. Sebenarnya apa sih asam folat itu? Vitamin B9 atau yang dikenal dengan nama Asam Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat penting terutama bagi wanita hamil.

Kebutuhan asam folat harian : Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari. Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg, setiap hari Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg, sedangkan untuk para remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg, khusus bagi ibu hamil membutuhkan itamin B9 600 mcg, sedangkan untuk ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari.

Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti diare, anemia, sariawan hingga resiko bayi lahir cacat. Kandungan asam folat Luxor Spirulina Pacifica per  3 gram atau setara dengan 15 butir adalah 6 mcg.

Spirulina pacifica aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia setip hari. Manfaat asam folat bagi kesehatan juga telah banyak diketahui oleh masyarakat umum. Dalam dunia medis juga disebut istilah folic acid, folacin. Secara umum fungsi asam folat bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut :

1. Fungsi pada Sel Darah Merah & DNA

dnaDengan mengkonsumsi banyak makanan berasam folat, maka akan menciptakan sel darah merah yang baik bagi tubuh. Selain itu Spirulina Pacifica juga mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh adarah seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

Karena fungi asam folat itu berperan dalam sel-sel tubuh , maka dari itu asam folat berperan penting dalam perbaikan DNA pada tubuh Anda. Dengan demikian kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan pertumbuhan resiko penyakit kanker.

Spirulian Pacifica juga mengandung empat pigmen yaitu Zeaxanthin, Carotenoids, Chlorophyll, C-Phycocyanin dan Super Oxide Dismutase (S.O.D) sebagai zat anti kanker alami.

2. Gejala Menstruasi

Manfaat asam folat yaitu sebagai pembentuk dari sel darah merah. Dengan demikian dapat membantu di saat menstruasi dan berdampak positif bagi anemia pada wanita. Pada beberapa wanita, menstruasi sangat berat dilalui. Kehilangan darah yang cukup banyak dari biasanya berdampak buruk bagi tubuh.

3. Pertumbuhan Jaringan Tubuh

pertumbuhan

Karena fungsinya yang telah dijelaskan sebagai pembentukan DNA, asam folat pun berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh. Ada keterkaitan anatara asam folat dengan pembentukan jaringan tubuh yang telah rusak. Bahkan penelitin pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan asam folat membantu atas kesembuhan jaringan saraf tulang belakang.

4. Pencegahan Bayi Lahir Cacat

Bayi lahir cacat memang disayangkan. Salah satu manfaat asam folat adalah untuk mencegah hal itu terjadi. Karena telah dibuktikan dalam penelitian bahwa penggunaan asam folat pada saat kehamilan bermanfaat mencegah cacat tabung saraf yang akan berdampak pada tulang belakang.

5. Fungsi otak dan jantung

Saat otak mengalami gangguan , maka seseorang bisa menjadi depresi atau gangguan kognitif lainnya. Untuk itulah asam folat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak. Pada saat lanjut usia, asam olat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan, cacat pada jantung karena bawaan atau genetic akibat kelahiran bayi kadang terjadi.  Pada penelitian telah membuktikan, cacat jantung bisa dikurangi jika pada saat kehamilan, ibu hamil banyak mengkonsumsi multivitamin yang terkandung asam folat didalamnya.

6. Pertumbuhan Rambut

rambut sehat

Asam folat tentunya mampu juga sebagai terapi untuk pertumbuhan rambut. Karena fungsinya yang dapat membuat pembentukkan jaringan maka dapat menumbuhkan rambut. Pada studi kasus dikatakan bahwa asam folat dapat mengobati kerontokan rambut.

Diambil dari Citra Luxor Edisi ke-31

 

 

Bagikan informasi ini kepada keluarga, kerabat, dan orang-orang yang Anda sayangi
Share on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>