Nutrisi tepat untuk proses penyembuhan luka

Tahukah Anda kalau ternyat kulit orang Asia tergolong gampang terluka dan lama sembuhnya? Hal ini disampaikan dalam pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indoneia (Perapi) yang di Bogor belum lama ini. Pemberian nutrisi yang tepat sangat penting untuk proses penyembuhan luka pada pasien. Lantas nutrisi seperti apa yang harus dipenuhi untuk mempercepat proses penyembuhan luka? Pada prinsipnya, pengaturan makanan/diet pada pasien dengan luka/pasca operasi adalah cukup karbohidrat (50 -  60 % total kal), tinggi protein (20 – 25 % total kal), cukup lemak (20 – 25 % total kal) cukup vitamin dan cukup mineral.

Apa saja dan bagaimana cara kerja nutrisi pada penyembuhan ?

karbohidrata. Karbohidrat

Sebagai bagian dari proses penyembuhan tubuh memasuki fase hipermetabolik, dimana ada peningkatan permintaan untuk karbohidrat. Aktivitas selular didorong oleh adenosine trifosfat (ATP) yang berasal dari glukosa, menyediakan energy untuk respon inflamasi terjadi. Oleh karena itu, dalam rangka untuk memperbaiki hipoalbuminemia, kabohidrat diperlukan serta protein. Jika intake karbohidrat berkurang maka tubuh akan memecah protein untuk dijadikan kalori. Jika ini terjadi maka akan terganggu fungsi utama protein sebagai pembentuk jaringan baru pada luka.

b. Kolagen

Mungkin banyak yang telah mengetahui fungsi kolagen bagi kulit. Karena manfaatnya,  banyak yang menggunakan kolagen untuk menjaga keremajaan kulit. Kolagen dapat membuat kulit tetap elastic dan sehat. Kolagen juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit Anda. Jika Anda memiliki masalah flek dan keriput juga dapat diatasi dengan penggunaan kolagen secara teratur.

Beberapa sumber makanan yang mengandung kolagen :

1. Buah yang mengandung Vit C dan Antioksidan

Buah yang mengandung banyak vit. C dan Antioksidan adalah penghasil kolagen yang besar.

2. Sayur yang mengandung Vitamin C dan K

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga merupakan pilihan terbaik untuk menambah senyawa kolagen dalam tubuh kita. Pilih sayurab yang mengandung vitamin C dan K.

VitaluxorPlus3. Makanan yang mengandung Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak yang dianggap sebagai lemak baik dan menjadikan kulit halus, kenyal, dan lembut sehingga sangat baik untuk dikonsumsikan secara teratur. Omega 3 ditemukan pada ikan tuna, ikan salmon, ikan mackarel, teripang, telur dan kenari.

 

Gamat emas mengandung banyak zat gizi seperti protein, mineral, omega 3 dan Bio Active Element. Dalam sejarah tradisional China, Gamat telah digunakan sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu untuk membantu mengatasi keluhan seperti menyembuhkan luka, meredakan sakit di persendiaan, memperlancar sirkulasi darah dan secaraumum dikonsumsi sebagai hidangan specialuntuk menjaga kesehatan karena nildinilai sebagai gingseng laut. Nutrisi yang terkandung dalam Jeli Gamat adalah Protein 86,8 % dimana80 % nya dalah kolagen, Mucopolsacarida sebagai komponen karbohidrat pembentuk dinding sel, omega 3, Mineral seperti za besi (fe), kalsium (ca), Kalium (k) dll. Bio Active Element yaitu Cell Growth Factor yang mempercepat proses pembentukan sel baru.

c. Lemak

Sebagai pelarut vitamin (A,D,E, dan K), sebagai pembentuk struktur membaran sel dan fungsi (sistesis sel baru). Dijumpai dalam asam lemak esensial (ALE) yaitu Linolenac dan Linoleac (Omega 3 danOmega 6). Vitaluxor merupakan minyak ikan yang diproses dari ikan herring dan ikan sardine yang berasal dari perairan laut dalam Norwegia. Vitaluxor mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu Omega 3 DHA dan EPA. Setiap sotgel  Vitaluxor Plus 1000 mg mengandung 12 % DHA dan 18 % EPA, rasio terbaik yang direkomendasikan para pakar kesehatan di dunia.

buahd. Vitamin

  • Vitamin A juga terlibat dalam silang kolagen dan poliferasi sel epitel
  • B Kompleks vitamin adalah co-fakor atau co-enzim dalam berbagai fungsi metabolisme yang terlibat dalam penyembuhan luka, terutam dalam rilis energi dari karbohidrat.
  • Vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen, dalam pembentukan ikatan antara helai  serat kolagen, membantu memberikan kekuatan ekstra dan stabilitas. Ada banyak bukti yang menunjukkan meningkatnya kebutuhan untuk vitamin C selama cidera, stress, dan sepsis, tetapi tidak ada bukti bahwa dosis mega mengingkatkan hasil klinis.
  • Vitamin K adalah terlihbat dalam pembentukan trombin, dan kekurangan dengan adanya luka dapat mnyebabkan hematoma

e.  Mineral

Seng / zinc dibutuhkan untuk sintesis protein dan juga merupakan co-factor dalam reaksi enzimatik. Ada peningkatan permintaan untuk seng selama poliferasi sel dan sekresi protein. Seng juga meiliki efek penghambatan pada pertumbuhan bakteri, dan terlibat dalam respon imun. Zat besi / Fe adalah co-faktor dalam sintesis kolagen , jika terjadi defisiensi fe maka berpengaruh terhadap penundaan penyembuhan luka. Tembaga juga terlibat dalam sintesis kolagen. Spirulina Pacifica kaya akan zat gizi, mengandung 60 % protein nabati, Vitamin B Kompleks, Asam lemak esensial, vitamin, mineral dan pigmen alami. Zat gizi dalam spirulina berguna untuk melengkapi kecukupan gizi yang diperlukan oleh manusia setiap hari Vitamin C untuk membuat kolagen yang akan memperbaiki jaringan ikat dan menyembuhkan luka. Konsumsi ekstra vitamin C akan membantu lebih cepat sembuh terhadap luka, goresan, terbakar, atau jenis luka lainnya.

ester c plusExtar C Plus merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk melindungi tubuh, 1 tablet Extar C Plus mengandung 500mg vitamin C dan zat esensial lainnya yang bermanfaat dalam proses meningkatkan penyerapan mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium. Mmbantu pembentukan kolagen yang baik untuk kulit, pembuluh darah, gigi, tulang dan sendi Anda. Gabungan sempurna produk Excel Pack membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Setiap produk memiliki setiap unsur yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Konsumsi secara teratur dengan takaran yang tepat untuk manffaat yang optimal.

Bagikan informasi ini kepada keluarga, kerabat, dan orang-orang yang Anda sayangi
Share on FacebookTweet about this on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>